Sebagaimana namanya, PageRank kalau diartikan secara apa adanya adalah peringkat halaman. Secara lebih khusus lagi, PageRank adalah nilai yang dimiliki oleh suatu blog/website yang didasarkan pada seberapa banyak halaman-halaman suatu blog/website ditampilkan oleh mesin pencari, dalam hal ini adalah Google. Semakin sering suatu halaman dari blog/website tampil lewat Google (jadi referer-nya adalah Google) maka nilai PageRank-nya juga makin tinggi.
Nilai PageRank berkisar antara 0 s.d. 10 dan bahkan ada yang N/A alias not available. N/A merupakan nilai PageRank yang dimiliki blog/website yang jarang atau bahkan tak pernah tampil di hasil pencarian di Google. Makin tinggi nilai PageRank makin baguslah "kedudukan" suatu blog/website di mata Google (search engine). Saya sendiri belom gitu paham tentang bagaimana cara menghitung PageRank? Berapa kali halaman blog/website harus di-load dari hasil pencarian di Google search engine supaya bisa mendapatkan PageRank 1(satu)? Pertanyaan-pertanyaan itu sampai sekarang belom terjawab (karena emang gak dicari, ya gimana mau tahu jawabannya... hehehe).
Nilai PageRank tak selalu tergantung pada jumlah counter yang diampilkan dalam suatu blog/website. Mengapa demikian? Jawabannya bisa beragam. Pertama adalah cara kerja counter itu sendiri. Ada berbagai macam algoritma yang dipakai orang untuk membuat suatu counter. Ada yang menghitung berdasarkan jumlah refresh (semakin sering di-refresh maka nilai counter akan terus bertambah), berdasarkan referer (jadi kalau direct access gak dihitung), berdasarkan alamat IP visitor dsb. Jadi, jangan dikira semua counter itu valid (tergantung definisi valid menurut masing-masing orang) dan mencerminkan nilai yang sesungguhnya. Contohnya adalah blog yang anda baca saat ini. Alhamdulillah dalam waktu sekitar satu bulan semenjak didaftarkan di Google dan search engine lainnya, PageRank-nya ketika dicek sudah memperoleh nilai 1 dan waktu dilihat counter-nya ternyata ???baru??? menunjuk angka 100an.
Penyebab kedua adalah referer. Rata-rata (atau bahkan semua) nilai PageRank mengacu pada search engine Google. Jadi, PageRank anda akan meningkat kalau blog/website anda diakses pengunjung yang melakukan pencarian di search engine Google. Pada kenyataanya referer blog/website tak selamanya berasal dari search engine Google. Bisa jadi dari search engine lain (Ask.com, Search.com, Yahoo.com, Live.com atau yang lain) atau berasal dari blog orang lain maupun dari tempat lainnya (blog/website directory, rss, dsb).
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa nilai PageRank itu tidaklah konstan dan bisa berubah-ubah (bisa naik atau bahkan malah turun). Mungkin suatu saat anda sangat senang karena ketika dicek, blog/website anda memiliki PageRank 4. setelah beberapa bulan anda cek lagi kok nilai PageRank jadi 2(dua)? ya, karena kalau blog/website anda tak lagi (atau jarang) dikunjungi orang lewat Google maka otomatis PageRank-nya bakalan turun. Atau barangkali anda malas mengisi blog/website jadi content blog/website terkesan tak up to date.
Kesimpulan akhir adalah bahwa PageRank itu penting tapi bukan segala-galanya. Jangan berhenti menulis hanya karena PageRank blog/website kok cuman N/A. Dan jangan semata-mata menulis untuk mendapatkan PageRank yang tinggi. Namun cukup bagus kalau anda memiliki PageRank yang tinggi karena rata-rata orang mencari informasi lewat Google.
1 Komentar:
Sip gan blognya tmbhn lgi ilmunya
Posting Komentar